P!nk adalah artis wanita abad ke-21 yang paling banyak dimainkan di Inggris – Music News

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Hari ini, perusahaan lisensi musik Inggris, PPL, mengumumkan bahwa P!nk adalah artis wanita abad ke-21 yang paling banyak dimainkan di Inggris, menduduki puncak tangga lagu yang terdiri dari beberapa wanita paling ikonik dalam musik. Bagan PPL memulai perayaan untuk edisi keempat Hari Album Nasional pada hari Sabtu 16 Oktober, yang menghormati ‘seni album’ dan tahun ini akan menyoroti artis wanita dan kontribusi besar mereka terhadap musik dan budaya melalui format tersebut.

Karier solo P!nk dimulai dengan album debutnya Can’t Take Me Home pada tahun 2000, yang menjadi hit instan di Inggris di mana album tersebut terjual lebih dari 400.000 eksemplar dan menjadi BRIT Certified Platinum. Namun itu adalah album keduanya, 6x Platinum Missundaztood dari tahun 2001, yang menjadikannya sebagai ikon pop global, terjual 12 juta unit di seluruh dunia dan menampilkan singel hit “Get The Party Started” dan “Just Like A Pill”. Sejak itu, album studionya telah menerima total 13 penghargaan Platinum di Inggris dan di BRIT Awards 2019 dia dianugerahi Outstanding Contribution to Music.

Bagan PPL untuk Hari Album Nasional ini disusun dari penggunaan musik eksklusif dan data pemutaran dari stasiun radio dan saluran televisi Inggris, menampilkan musik yang menjadi soundtrack hidup kita.

Madonna menempati posisi nomor dua, seorang artis yang, dari 14 album studio, telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu artis paling berpengaruh dan sukses sepanjang masa. Album studio terlarisnya di Inggris adalah True Blue (7x Platinum), Ray Of Light (6x Platinum) dan Music (5x Platinum), yang membawakan lagu-lagu abadi yang masih bergema hingga saat ini, seperti “Papa Don’t Preach”, “Beku” dan “Musik”.

Di tempat ketiga adalah Katy Perry, yang album ketiga Teenage Dream adalah salah satu yang paling populer tahun 2010-an. Keberhasilan komersialnya tidak terbantahkan dengan lima lagu mencapai tempat No.1 di chart Billboard’s Hot 100 – hanya album kedua yang mencapai prestasi ini, setelah Michael Jackson’s Bad.

Adele dan Little Mix masing-masing mewakili Inggris di posisi keenam dan kesembilan – memimpin tujuh artis wanita Inggris di 20 besar PPL, juga termasuk Sugababes, Dua Lipa, Ellie Goulding, Jess Glynne, dan Rita Ora.

Album studio kedua Adele 21 adalah salah satu rilis paling sukses sepanjang masa, terjual lebih dari 5 juta kopi untuk menjadi album dengan penjualan terbesar abad ini di Inggris. Album ini juga memenangkan Album of the Year di Grammy dan BRIT Awards. Little Mix telah merekam enam album studio yang semuanya masuk 5 besar di Inggris, menjadikan mereka grup wanita pertama yang mencapai prestasi ini. Album keempat mereka, Glory Days, sangat sukses sehingga membuat rekor baru untuk waktu terlama yang dihabiskan sebuah album oleh grup wanita di dalam Top 40 Inggris.

Kylie Minogue, artis wanita kedelapan yang paling banyak dimainkan, adalah salah satu duta Hari Album Nasional tahun ini. Kylie memiliki pengaruh besar pada musik, dengan Fever tahun 2001 rekor tonggak sejarah yang menampilkan single hit “Can’t Get You Out Of My Head”, “Love At First Sight”, “Come Into My World” dan “In Your Eyes” . Peringatan 20 tahun album ini dirayakan dengan rilisan vinyl putih edisi terbatas sebagai bagian dari perayaan tahun ini.
“Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi salah satu artis wanita Inggris yang paling banyak dimainkan di abad ke-21 dan berada di perusahaan yang hebat!. Sungguh menakjubkan bagi saya dan saya sangat tersentuh mengetahui musik saya terus dinikmati oleh begitu banyak orang!”

Hari Album Nasional diselenggarakan bekerja sama dengan BBC Sounds dan Bowers & Wilkins.

Peter Leathem, Chief Executive Officer di PPL, mengatakan:
“Hari Album Nasional adalah platform yang fantastis untuk menunjukkan pentingnya format album dan PPL bangga menjadi bagian dari perayaan tahun ini dengan daftar artis wanita yang paling banyak dimainkan di abad ini. Bagan ini menyatukan serangkaian bakat luar biasa yang telah merekam beberapa musik favorit Inggris, termasuk sejumlah album terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa.”

Dua puluh teratas penuh dapat ditemukan di bawah.

1. P!nk
2. Madona
3. Katy Perry
4. Rihanna
5. Lady Gaga
6. Adele
7. Beyonce
8. Kylie Minogue
9. Campuran Kecil
10. Whitney Houston
11. Taylor Swift
12. Sugabab
13. Kelly Clarkson
14. Dua Lipa
15. Ellie Goulding
16. Christina Aguilera
17. Diana Ross
18. Jess Glynne
19. Rita Ora
20. Ariana Grande